Awas! 4 Perkara ini dapat membuat Komputer atau Laptop kalian cepat panas

Awas! 4 Perkara ini dapat membuat Komputer atau Laptop kalian cepat panas

Komputer ataupun laptop merupakan salah satu perangkat elektronik penting yang berfungsi membantu meringankan pekerjaan manusia. Di zaman sekarang yang semakin maju dan serba canggih ini, komputer ataupun laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Komputer ataupun laptop memiliki banyak sekali kegunaan untuk manusia, diantaranya adalah seperti untuk bekerja, melakukan proses penghitungan, browsing, editing, gaming dan masih banyak lagi.


Komputer Laptop

Seiring banyaknya kegunaan dari komputer ataupun laptop, membuat manusia atau pengguna terkadang terlalu memaksakan kinerja komputer atau laptop, sehingga terkadang mengalami overheat atau panas berlebih. Hal tersebut memang sudah wajar dan sering terjadi, namun jika komputer atau laptop kamu terlalu sering mengalami overheat tentunya akan berdampak buruk terhadap kesehatan komponen-komponen elektronik di dalamnya. Oleh karena itu, kita harus memahami hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan komputer atau laptop cepat panas.


1. Penempatan yang salah

Penyebab komputer atau laptop cepat panas yang pertama adalah penempatan yang salah. Mungkin ini terdengar sepele, tetapi jika kalian terlalu sering menggunakan komputer atau laptop di tempat yang salah seperti tempat yang sempit, kurang akan sirkulasi udara, dan berdebu tentunya akan membuat perangkat kalian cepat panas. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya aliran udara yang keluar masuk dikarenakan debu yang menyumbat saluran udara sehingga hawa panas terperangkap di dalam chasing komputer atau laptop kalian.

Agar komputer atau laptop kalian tidak cepat panas sebaiknya pada saat digunakan, tempatkanlah di tempat yang tidak terlalu sempit, bersih dan sirkulasi udara lancar.


2. Terlalu lama digunakan bekerja

Ternyata tidak hanya manusia yang mempunyai batas ketahanan, komputer atau laptop-pun demikian. Terlalu lama digunakan bekerja akan membuat komponen-komponen cepat panas. Terlebih lagi jika digunakan untuk hal – hal berat yang banyak memakan kinerja komponen komputer atau laptop seperti bermain game, editing, desain grafis dan kegiatan sejenisnya.

Sebaiknya jangan terlalu memaksakan komputer atau laptop bekerja terlalu berat, cukup gunakan dengan seperlunya. Karena jika kalian terlalu sering memaksa komputer atau laptop bekerja terus menerus nantinya akan berakibat buruk  bagi komponen-komponen penting di dalamnya.


3. Kesalahan memilih Sistem Operasi

Terkadang beberapa orang ada yang melakukan kesalahan dalam memilih sistem operasi pada Komputer atau Laptop. Kesalahan dalam pemilihan sistem operasi juga menjadi penyebab komputer atau laptop cepat panas. Sebagai contoh, kalian mempunyai laptop dengan spesifikasi processor mempunyai kecepatan 1 GHz beserta RAM 1 GB, Namun kalian menginstal sistem operasi yang berat dan cenderung tidak sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop kalian. Hal tersebut tentunya akan membuat komponen-komponen bekerja dengan ekstra sehingga membuatnya cepat panas.

Disarankan sebelum kalian menginstal sistem operasi pada komputer atau laptop, alangkah baiknya untuk cek terlebih dahulu spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk sistem operasi yang akan digunakan/diinstal.

4. Jarang dibersihkan

Penyebab komputer atau laptop cepat panas yang terakhir adalah karena jarang dibersihkan. Komputer atau laptop yang jarang dibersihkan tentunya membuat debu dan kotoran menempel pada komponen-komponen penting seperti Harddisk, Motherboard, dan Kipas Pendingin Processor. Debu dan kotoran inilah yang nantinya juga menghalangi aliran sirkulasi udara sehingga hawa panas terperangkap.

Oleh karena itu sebaiknya bersihkan komputer atau laptop kalian secara rutin agar supaya terhindar dari debu dan kotoran, karena hal tersebut tidak hanya menyebabkan sirkulasi udara terhambat, namun juga kemungkinan dapat merusak komponen penting komputer atau laptop kalian.

Itulah 4 Perkara yang dapat membuat Komputer atau Laptop kalian cepat panas. Semua barang elektronik seperti komputer atau laptop tentunya suatu saat akan mengalami kerusakan. Namun, terlepas dari hal tersebut tidak ada salahnya kita untuk menjaga dan merawat agar bisa tahan lebih lama. Karena itu cobalah untuk hindari 4 perkara di atas agar Komputer atau Laptop kalian awet dan tahan lama.