7 Distro Linux Terbaik untuk para Pemula

Daftar Isi

Kalian pasti sering mendengar tentang sistem operasi Linux, tetapi banyak orang belum pernah mencoba dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa linux itu sistem operasi yang sulit dan rumit. Jika kalian berpikir demikian, buanglah anggapan seperti itu jauh-jauh karena sebenarnya linux tidak serumit dan sesulit yang kalian banyangkan. Memang benar, ada beberapa distro linux yang dikhususkan untuk para ahli seperti Kali Linux, BlackArch, dan Parrot OS yang digunakan untuk penetrasi jaringan internet dan keamanan, tapi di lain sisi ada juga distro linux yang cocok digunakan untuk para pemula dan umum.


Sebelum lanjut ke bagian selanjutnya kalian harus mengetahui apa itu Linux dan apa itu "Distro"?


Linux adalah sebuah sistem operasi,  sama seperti Windows dan MacOS. Linux dikenal sebagai sistem operasi yang stabil, aman, open source dan yang paling utama adalah gratis. Tidak seperti MacOS dan Windows yang mengharuskan kalian membeli kunci produk untuk aktivasi sistem operasi, dengan linux kalian tinggal download di situs resmi lalu tinggal instal secara gratis tanpa memikirkan aktivasi atau semacamnya.
Distro Linux Terbaik untuk Pemula

Linux hadir dengan rasa yang berbeda bernama “distro”, masing-masing distro memiliki karakteristik dan fitur yang berbeda. Misalnya, ada distro Linux yang khusus untuk game, distro linux untuk pemrograman, dan distro linux ringan yang cocok untuk PC lama yang berspesifikasi rendah. Beberapa tipe distro lainnya adalah :

  • Distro yang berfokus di keamanan dan Privasi seperti Tail OS
  • Distro untuk hacking dan pentesting seperti Kali Linux, BlackArch, dan Parrot OS.
  • Distro untuk kebutuhan multimedia seperti Ubuntu Studio.
  • dan masih banyak lagi.
Umumnya, distro linux seperti yang sudah disebutkan di atas tidak direkomendasikan untuk semua orang. Distro tersebut bagus bila digunakan oleh orang yang sesuai di bidangnya namun tidak cocok untuk pengguna umum. Jadi jika kalian bukan seorang yang ahli di bidang hacking dan pentesting, tidak disarankan memakai distro seperti Kali Linux dan sejenisnya. Kembali ke topik, Mediafima akan membahas distro yang cocok untuk para pemula dan golongan umum dilansir dari thishosting.rocks.

1. Linux Mint


Tampilan Linux Mint
linuxmint.com

Di urutan pertaman ada Linux Mint, distro ini memiliki tampilan yang elegan dan mudah dipakai.  Instalasi Linux Mint juga lebih mudah daripada kebanyakan distro lain serta dilengkapi dengan software yang serbaguna. Mint hadir dengan berbagai desktop environment (lingkungan desktop) termasuk Cinnamon, MATE, dan Xfce. Cinnamon mewaliki edisi desktop yang modern, inovatif dan berfitur lengkap. MATE didasarkan pada lingkungan desktop klasik dan fitur utamanya adalah stabilitas. Sedangkan Xfce adalah edisi desktop paling ringan, dan akan berjalan dengan nyaman pada konfigurasi apa pun.

2. Ubuntu


Tampilan Linux Ubuntu
ubuntu.com

Ubuntu pertama kali diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2004. Ubuntu adalah sistem operasi opensource berbasis Debian. Ubuntu merupakan distro linux yang pertama kali dirancang dengan tujuan untuk menyederhanakan Linux dan menawarkannya pada masyarakat umum. Menginstal Ubuntu sangat mudah dan juga sudah dilengkapi dengan semua fungsionalitas yang dibutuhkan. Salah satu fitur ubuntu adalah Software Center, yang mana dengan fitur tersebut kalian akan dengan mudah menemukan aplikasi yang dibutuhkan. Ubuntu sendiri adalah distro yang paling populer dengan memiliki banyak komunitas besar yang terus berkembang. Komunitas Ubuntu Indonesia : Forum Ubuntu Indonesia, Grup Facebook Ubuntu Indonesia.

3. Elementary OS


Tampilan Desktop Elementary OS
elementary.io

Elementary OS termasuk salah satu dari sekian banyak distro linux yang berbasis Ubuntu. Distro ini memiliki tampilan mirip MacOS dan juga terdapat berbagai macam fitur diantaranya adalah aplikasi khusus untuk Foto, Musik, Video, Kalender, Terminal, File dan lingkunan desktop khusus yang disebut Pantheon. Elementary OS adalah distro yang cukup ringan dan stabil yang membuatnya dapat berjalan di hampir semua hal.

4. Peppermint


Tampilan Desktop Peppermint
peppermintos.com

Salah satu distro terbaik dan super ringan adalah Peppermint. Peppermint merupakan salah satu distro linux yang stabil dan berbasis Lubuntu (versi ringan Ubuntu). Yang membuat distro ini istimewa adalah lingkungan desktop unik yang merupakan gabungan dari LXDE dan Xfce, menyerupai tampilan user Windows, jadi Peppermint sangat cocok sekali bagi kalian yang ingin beralih dari Windows. Kelebihan lain dari distro ini adalah adanya Ice SSB, aplikasi yang dapat merubah aplikasi web menjadi aplikasi yang tersedia di menu desktop. Secara keseluruhan distro ini sangat direkomendasikan untuk kalian, karena hanya memerlukan persyaratan sistem yang sangat rendah serta memiliki tampilan yang cukup sederhana.

5. Solus


Tampilan Desktop Solus
averagelinuxuser.com

Selanjutnya ada Solus, distro linux ini agak berbeda dengan dengan yang lain. Jika Peppermint, Elementary OS adalah distro linux yang berbasis Ubuntu lain halnya dengan Solus. Ini adalah distro Linux yang benar-benar baru dan cantik yang tidak didasarkan pada apa pun. Semuanya dibuat sendiri dan keluar dalam 3 versi, dari edisi Budgie berfitur lengkap, versi Gnome yang lebih familiar, dan terakhir hingga versi MATE yang paling ringan. Solus adalah OS yang kokoh, sederhana, dan sering diperbarui. Jadi jika kalian bosan dengan distro yang berbasis Ubuntu seperti Peppermint, Elementary OS dan semacamnya dan ingin mencoba sesuatu yang baru, inilah dia Solus!

6. Manjaro Linux


Tampilan Desktop Manjaro Linux
manjaro.org

Manjaro Linux adalah distro yang baru-baru ini mendapatkan popularitas dan hal tersebut bukanlah karena tanpa alasan. Manjaro Linux adalah salah satu distro linux yang cepat, indah, ramah pengguna, dan berorientasi desktop. Memiliki fitur penginstal yang ramah pengguna dan dilengkapi dengan semua yang dibutuhkan saat pre-instal. Yang utama dari Manjaro adalah dukungan perangkat kerasnya yang luar biasa, berkat manajer pendeteksi perangkat kerasnya, kalian tidak perlu khawatir tentang instalasi driver tambahan. Manjaro juga memiliki komunitas Facebook Manjaro Linux Indonesia, jadi kalian bisa bertanya di komunitas jika membutuhkan bantuan mengenai Manjaro.

7. Zorin OS


Tampilan Desktop Zorin OS
zorinos.com

Di daftar terakhir ada Zorin OS, distribusi yang telah dirancang dan dibenahi dengan baik berbasiskan Ubuntu. Ini adalah salah satu distro yang cocok untuk pengguna Windows yang ingin bermigrasi ke Linux dikarenakan Zorin OS memiliki lingkungan desktop yang mirip dengan Windows. Hal menarik dari distro ini adalah mesin tema luar biasa bernama "Zorin Look Changer", dengan mesin tersebut kalian dapat menyesuaikan tampilan desktop sesuai keinginan. Dan yang terakhir, Zorin hadir dengan "Wine" dan "PlayOnLinux" sehingga kalian dapat menjalankan sebagian besar game dan aplikasi favorit yang terdapat di Windows.


Itulah daftar 7 Distro Linux Terbaik untuk para Pemula. Sebelum memilih sebaiknya baca kembali fitur dan kegunaan dari 7 distro Linux tersebut, alangkah baiknya untuk memilih yang sekiranya cocok dengan kalian. Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan isi kritik dan saran untuk penulis pada kolom komentar yang sudah disediakan. 

Posting Komentar