Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Ruang Lingkupnya

Jaringan komputer adalah kumpulan dari dua komputer atau lebih yang saling berhubungan satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data dan sumber daya. Tujuan dibuatnya jaringan komputer adalah agar data atau informasi dari pengirim (transmitter) sampai kepada penerima (reciever) dengan tepat dan akurat. Jenis Jaringan komputer dikelompokkan berdasarkan ruang lingkup jangkauannya, dari mulai jaringan yang mencakup wilayah kecil sampai wilayah yang paling besar dan  luas.
Jenis Jaringan Komputer

Jenis Jaringan Komputer 

1. PAN (Personal Area Network)

Personal Area Network adalah jenis jaringan komputer di skala wilayah paling kecil. Jenis jaringan ini biasanya jarak jangkauannya sekitar 10 meter. Personal Area Network sering kita lihat penerapannya dalam sehari-hari, contohnya seperti menghubungkan komputer dan hp dengan bluetooth atau tethering, menghubungkan komputer dengan perangkat wireless, seperti printer, mouse, headset dan sebagainya.


2. LAN (Local Area Network) 

Di tingkat selanjutnya ada Local Area Network atau lebih dikenal LAN. Jenis jaringan komputer ini bersifat lokal dan biasanya hanya terdiri dari beberapa komputer. LAN hanya mencakup wilayah lokal seperti sebuah ruangan, kantor, gedung sekolah atau kampus. Jangakauan jaringan LAN berkisar antara 100 sampai 1000 meter.

3. WLAN (Wireless Local Area Network)

Memiliki fungsi seperti LAN, hanya saja jaringan ini menggunakan teknologi wireless (Tanpa Kabel), contohnya seperti WiFi. WLAN tidak terlalu bergantung pada perangkat yang hanya menggunakan kabel fisik untuk terhubung ke dalam jaringan.


4. MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau Metropolitan Area Network adalah jenis jaringan yang mencakup wilayah kota. Jaringan MAN menghubungkan beberapa lokasi seperti kampus, perkantoran, sekolahan dan lain-lain. Bisa dibilang jaringan MAN ini merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN (Local Area Network) yang saling terhubung. Jangkauan jaringan MAN berkisar antara 5 sampai 10 kilometer. 

5. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau dalam bahasa Indonesia (Jaringan Area Luas) adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang luas dari segi geografis. Jaringan WAN adalah jaringan komputer yang yang mencakup luas wilayah antar kota atau antar negara.

6. Jaringan Internet

Internet atau Interconnected Network adalah jaringan bersekala paling luas yang dibuat oleh manusia. Jangkauan internet meliputi seluruh dunia dengan melibatkan jutaan perangkat yang saling terhubung dalam satu jaringan. 

2 komentar