Perangkat Keras Pembangun Jaringan Komputer dan Fungsinya

Daftar Isi
Perangkat keras jaringan komputer, disebut juga peralatan jaringan atau piranti jaringan komputer adalah alat elektronik yang dibutuhkan untuk komunikasi antar perangkat di jaringan komputer. Dengan kata lain perangkat keras ini bertindak sebagai media transmisi data dalam jaringan komputer.

Perangkat Jaringan Komputer
Sebuah komputer yang terhubung ke suatu jaringan baik di jaringan lokal maupun jaringan internet, semua itu membutuhkan sebuah perangkat jaringan komputer. Tanpa perangkat jaringan, kumpulan komputer tidak akan dapat saling berhubungan, berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Ada banyak perangkat yang berperan penting dalam terbentuknya suatu jaringan komputer. 

1. Komputer Server

Komputer server merupakan perangkat keras yang paling utama dalam sebuah jaringan komputer. Perangkat ini berperan sebagai induk dalam sebuah jaringan, baik pada jaringan lokal maupun internet. Komputer server bertugas sebagai pusat jaringan komputer, di server inilah semua data dan sumber daya disimpan dan dikelola.

Untuk spesifikasi, komputer server memiliki kriterie tersendiri, dikarenakan harus bekerja 24 jam penuh mengharuskan komputer server harus memiliki spek yang tinggi dan kuat. Dengan begitu komputer server bisa melayani client dengan maksimal tanpa khawatir terjadinya kendala.

2. Komputer Client

Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk mengakses sebuah layanan dari komputer server melalui jaringan internet. Layanan tersebut dapat berupa data dan informasi seperti gambar, vidio, file, dan lain-lain. Komputer client harus terhubung dengan server agar dapat saling berkomunikasi.

3. Kabel 

Kabel coaxial - UTB - fiber optic
Kabel coaxial - UTP - fiber optic

Suatu jaringan komputer tentunya membutuhkan yang namanya kabel untuk media transmisi data, walaupun sekarang ini sudah ada teknologi jaringan tanpa kabel seperti WiFi. Kabel sejak dahulu hingga sekarang masih digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. Jenis kabel yang sering digunakan biasanya adalah Kabel Coacial, Unshielded Twisted Pair atau kabel UTP, dan Fiber Optic.

4. Konektor

Konektor coaxial - UTP - fiber optic
Konektor coaxial - UTP - fiber optic

Konektor merupakan perangkat keras jaringan komputer yang terdapat pada ujung sebuah kabel. Konektor berperan sebagai penghubung antara port dan kabel. Beberapa jenis konektor yang banyak digunakan adalah konektor BNC/T yang digunakan untuk jenis kabel coaxial, lalu ada konektor fiber optic yang digunakan untuk jenis kabel fiber optic, dan konektor RJ-45 untuk jenis kabel UTP.

5. Hub

Hub adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan komputer satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Jika diibaratkan Hub itu seperti pusat distribusi. Ketika sebuah komputer meminta sebuah informasi atau paket data dari komputer lain di suatu jaringan, maka paket data tersebut akan dikirim ke Hub melalui perantara kabel. Selanjutnya Hub akan mentransmisikan paket data ke seluruh jaringan. Setiap komputer yang terdapat dalam jaringan kemudian harus mencari tahu apakah paket data yang dikirim oleh Hub itu untuk mereka atau tidak.

Gambar Hub
wikipedia.org

Saat ini Hub sudah jarang digunakan dan sudah digantikan oleh perangkat komunikasi baru yang lebih canggih seperti Switch dan Router.

6. Switch

Gambar switch
Gambar switch

Switch adalah perangkat telekomunikasi yang dikelompokkan sebagai salah satu komponen jaringan komputer. Switch sama seperti Hub tetapi fitur-fiturnya lebih canggih. Tidak seperti Hub yang mentransmisikan paket data ke seluruh jaringan, Switch hanya mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang membutuhkan paket data tersebut. 

7. Router

Gambar router
Gambar Router

Perangkat lain yang digunakan untuk menghubungkan LAN dengan koneksi internet disebut Router. Router merupakan perangkat keras jaringan komputer yang dalam penggunaanya dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama maupun yang berbeda. Jadi, ketika ingin menghubungkan dua jaringan (LAN) yang berbeda atau ingin berbagi satu koneksi internet ke banyak komputer,  Routerlah perangkat yang bisa digunakan.

8. Network Interface Card (NIC)

Gambar NIC wired dan wireless
Wired dan Wireless NIC

Network Interface Card atau disingkat NIC merupakan salah satu perangkat jaringan komputer. Perangkat berbentuk kartu ini berfungsi agar komputer dapat terhubung dengan jaringan. NIC mempunyai dua tipe : Wired NIC, dan Wireless NIC.

9. Modem

Macam-macam modem
Macam-macam modem

Modem merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan ke jaringan internet. Modem merupakan singkatan dari modulator-demodulator, perangkat ini secara teknis berfungsi merubah sinyal analog menjadi sinyal digital ataupun sebaliknya. Dulu modem masih menggunakan koneksi dial up, kebanyakan modem sekarang ini sudah berbentuk USB dan yang terbaru adalah MiFi yang lebih praktis dan mudah digunakan.

10. Access Point

Gambar Access Point
Gambar Access Point

Yang terakhir adalah Access Point, perangkat ini berguna untuk membuat jaringan nirkabel lokal atau yang biasa dikenal dengan WLAN. Pada perangkat ini terdapat antena dan transciever yang berfungsi untuk memancarkan dan menerima sinyal. Biasanya Access Point ini dihubungkan dengan perangkat keras seperti Router,Hub, atau Switch. Dengan dipakainya Access Point ini, sinyal jaringan dapat menjangkau seluruh ruangan atau area walau ada tembok atau penghalang lainnya.

Demikian pembahasan artikel tentang Perangkat Keras Pembangun Jaringan Komputer dan Fungsinya. Kesimpulan : Jaringan komputer memerlukan perangkat keras sebagai media transmisi data, tanpa perangkat keras tersebut jaringan komputer tidak akan bisa terbentuk. Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat.

Posting Komentar