7 Hal Keren yang Bisa dilakukan Windows CMD

7 Hal Keren yang Bisa dilakukan Windows CMD

7 Hal Keren yang Bisa dilakukan Windows CMD
Kalian pasti pernah sesekali menggunakan CMD pada komputer. Biasanya CMD digunakan untuk mengecek koneksi dengan melakukan ping ke alamat ip tertentu. CMD atau Command Prompt adalah sebuah aplikasi berbasis CLI (Command Line Interpreter) yang ada di sistem operasi windows. Dikarenakan berbasis command line, artinya kita harus mengetikan perintah supaya dapat menjalankan Windows CMD.

Kegunaan CMD sangat banyak, diantaranya adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu untuk mengecek koneksi. Untuk membuka CMD kalian bisa menggunakan tombol shortcut Windows + R lalu ketik "cmd" tanpa tanda kutip lalu tekan enter. Berikut pada artikel kali ini akan dibahas 10 hal keren yang bisa dilakukan Windows CMD. 

1. Mendapatkan informasi alamat IP dari website

Hal pertama yang bisa kita lakukan menggunakan cmd yaitu mengecek alamat ip suatu website dengan perintah "nslookup". Perintah tersebut nantinya akan menampilkan detail informasi infrastruktur Domain Name System (DNS) sebuah website. Cara untuk menggunakannya dengan mengetikkan "nslookup alamat-website". 

Contoh : nslookup facebook.com

2. Melihat detail informasi sistem yang sedang digunakan

Jika kalian penasaran tentang OS dan semua informasi yang digunakana dalam sistem, cara yang paling ringkas dan mudah yaitu dengan menggunakan perintah "systeminfo" pada command prompt. Nantinya komputer akan menampilkan spesifikasi lengkap sistem yang sedang digunakan seperti detail processor, vga, ram, sistem operasi yang digunakan, dan sebagainya.

3. Mengecek jaringan WiFi yang pernah digunakan

Selanjutnya yaitu kita dapat mengetahui semua jaringan yang pernah terhubung dengan laptop atau PC kita dengan menggunakan perintah cmd netsh wlan show profile. Dengan mengetikan perintah tersebut, nantinya akan tampil daftar SSID jaringan yang pernah terhubung dengan laptop atau PC.

4. Scan dan memperbaiki sistem Windows yang rusak atau corrupt

Proses ini nantinya akan memakan waktu cukup lama dikarenakan pemindaian dan perbaikan file sistem yang rusak secara menyeluruh. Untuk melakukan scan dan memperbaiki file sistem yang rusak, perintah yang digunakan adalah ketik "sfc / scannow" tanpa tanda kutip di cmd lalu tekan tombol Enter

5. Menampilkan daftar program yang terinstal di laptop atau PC

Hal keren lain yang bisa dilakukan Command Prompt yaitu menampilkan daftar aplikasi dan program yang diinstal pada PC. Cara untuk melakukannya dengan mengetikkan perintah "wmic product get name" lalu tekan enter, setelah itu akan tampil daftar program yang terinstal di PC kalian. 

6. Menampilkan Laporan Kesehatan Baterai Laptop

Windows 10 memperbolehkan pengguna untuk melihat statistik vital yang terkait dengan kesehatan baterai seperti detail pabrikan, kapasitas baterai penuh, dan kapasitas baterai terbaru. Kalian dapat menampilkan detail tersebut dalam bentuk laporan menggunakan Windows CMD.
  • Buka Command Promt sebagai administrator, lalu ketik "powercfg/energy" dan tekan enter.
  • Proses ini akan memakan waktu sekitar 60 detik untuk menganalisa dan mengubah laporan dalam bentuk dokumen HTML.
  • Setelah proses analisa selesai, ketik "energy-report.html" lalu tekan enter. Akan tampil sebuah dokumen HTML tentang laporan kesehatan baterai yang terbuka otomatis di web browser.

7. Melihat Status Kesehatan Hard Drive

Selanjutnya, CMD dapat memelihat status kesehatan dari hard drive laptop atau PC. Perintah yang digunakan adalah CHKDSK, kependekan dari Check Disk. CHKDSK merupakan sistem windows yang berfungsi untuk memverifikasi integritas dan memperbaiki kesalahan logika sebuah sistem.
  • Buka Command Prompt sebagai administrator, lalu ketik "CHKDSK" dan tekan enter.
  • Proses scan akan berjalan dan menampilkan status kesehatan Hard Drive.