8 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis dan Terbaik

8 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis dan Terbaik

Layanan Penyimpanan Cloud Gratis dan Terbaik
Penyimpanan cloud atau cloud storage adalah media penyimpanan file secara online, yang mana dibutuhkan koneksi internet untuk menggunakan dan mengaksesnya. Cloud storage merupakan media penyimpanan yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan penyimpanan offline seperti melalui harddisk dan flashdisk. Data yang terdapat di cloud storage akan disimpan ke beberapa server yang dikelola oleh pihak layanan.

Jadi, data yang tersimpan di cloud storage akan aman tanpa khawatir terjadi error/corrupt seperti yang sering terjadi pada media penyimpanan offline. Selain itu, dengan menggunakan layanan cloud storage kita dapat mengakses file yang disimpan didalamnya dimana saja dan kapan saja selama terkoneksi dengan internet. Berikut Mediafima akan bahas 8 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis dan Terbaik yang bisa digunakan untuk keperluan sehari - hari.

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan online gratis yang paling banyak digunakan di kalangan orang. Kapasitas penyimpanan Google Drive sebesar 15 GB sehingga bisa digunakan untuk menyimpan data dan file-file yang cukup banyak. Kalian cukup membuat akun Google untuk dapat menggunakan layanan Google Drive ini.

2. OneDrive

OneDrive merupakan layanan cloud storage gratis yang disediakan oleh pihak Microsoft. Kapasitas penyimpanan yang disediakan masih terbilang cukup kecil yaitu sebesar 5 GB. Namun, terlepas dari itu OneDrive masih memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh penyimpanan cloud lainnya. Untuk menggunakan layanan ini kalian harus memiliki akun Microsoft.

3. pCloud

Merupakan salah satu layanan penyimpanan berbasis cloud berasal dari Swiss yang didirikan tahun 2013. Walaupun termasuk pendatang baru di pasar cloud storage, pCloud membuktikan bahwa layanan mereka masih patut dipertimbangkan. Untuk akun basic (gratis) pCloud menyediakan kapasitas sebesar 10 GB.

pCloud tidak memiliki batasan ukuran file sehingga sangat cocok digunakan untuk menyimpan file yang berukuran besar. Selain itu, ada juga pCloud Crypto yaitu fitur berbayar yang dapat mengenkripsi suatu file agar aman selama proses transfer file dari perangkat pengguna ke server cloud.

4. Dropbox

Layanan penyimpanan online ini didirikan oleh alumni MIT tahun 2007. Dropbox menyediakan layanan penyimpanan gratis dan berbayar. Untuk yang gratis, Dropbox menyediakan penyimpanan sebesar 2 GB sedangkan yang berbayar dapat mencapai 2 TB.

Perbedaan Dropbox dibanding layanan cloud lain adalah fiturnya yang fleksibel karena dapat diakses di sistem operasi mana saja seperti Windows, Linux, dan MacOS. Dropbox juga memiliki layanan sharing file direct download yang mana file akan otomatis ter-download ketika seseorang mengakses link yang sudah di bagi sebelumnya.

5. MediaFire

Untuk yang gratis, Mediafire menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB. Namun, pengguna dapat memperbesar kapasitas penyimpanan sampai 50 GB dengan membagikan link referal. Untuk versi berbayar, kapasitas penyimpanan yang disediakan mencapai 1 TB. Mediafire cocok digunakan untuk pengguna yang sering berbagi file foto, video, dan sejenisnya.

6. iCloud

Tidak jauh beda dengan Microsoft, Apple juga mengembangkan layanan Cloud Storage yang bernama iCloud. Untuk kapasitas penyimpanan, iCloud menyediakan ukuran yang sama seperti OneDrive yaitu sebesar 5 GB. iCloud otomatis terhubung bagi pengguna iOS atau MacOS.

7. MEGA

Merupakan Cloud Storage yang dibuat dibawah naungan perusahaan MEGA Limited yang berlokasi di Selandia Baru. MEGA terkenal karena menyediakan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibanding layanan lainnya yaitu sebesar 20 GB. 

8. IDrive

IDrive sejatinya adalah layanan untuk back-up data online, namun IDrive masih masuk kedalam kategori cloud storage yang bisa digunakan untuk menyimpan file dan data penting. Data yang disimpan didalamnya juga akan dienkripsi sehingga akan aman. IDrive menyediakan kapasitas sebesar 5 GB untuk yang Free Personal.

Daftar Tabel Layanan Cloud Storage Gratis
Tabel Layanan Penyimpanan Cloud Gratis dan Terbaik