Jenis-jenis Mode Network Adapter di VirtualBox

Jenis-jenis Mode Network Adapter di VirtualBox

Pada mesin virtual VirtualBox, terdapat pengaturan yang memunkinkan kita untuk mengubah mode adaptor jaringan  atau network yang akan digunakan di VM. Tersedia beberapa jenis mode adaptor network yang sering digunakan pada VirtualBox, berikut daftarnya : 
Jenis-jenis Mode Network Adapter di VirtualBox

Mode Adaptor Jaringan VirtualBox

  • NAT ( Network Address Translation ) : Mode ini akan terpilih secara default ketika kalian menggunakan VirtualBox. Mode NAT ini tidak memerlukan banyak konfigurasi, sehingga cocok digunakan jika kalian hanya ingin browsing internet menggunakan OS guest atau tamu. 
    Mode Jaringan NAT VirtualBox
  • Bridge Adapter : Mode ini digunakan jika kalian ingin OS guest terhubung dengan jaringan secara langsung bukan virtual. Mode Bridge Adapter ini menggunakan interface fisik dari komputer host seperti LAN Card atau WiFi Adapter. 
    Mode Jaringan Bridge Adapter
  • Internal Network : Jaringan ini digunakan jika kalian ingin menghubungkan sesama os guest di dalam VirtualBox. Sesuai namanya, internal network ini adalah jaringan yang berjalan di lingkungan internal mesin virtual sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan komputer host. 
    Mode Jaringan Internal Network
  • Host-only Adaptor : Mode ini dapat kalian gunakan jika ingin menghubungkan antara komputer host kalian dengan sistem operasi di dalam VirtualBox atau OS guest. Pada mode ini nantinya VirtualBox akan membuat adapter virtual pada komputer host bernama VirtualBox Host-only Network yang nantinya bisa digunakan untuk menghubukan ke guest OS VirtualBox. 
    Mode Jaringan Host-only Adapter
  • NAT Network : Mode ini memiliki fitur yang sama sepert mode NAT, hanya saja antara VM satu dan VM lain terhubung ( VM disetting serupa menggunakan mode NAT Network ). Mode ini cocok digunakan jika kalian ingin menghubungkan beberapa VM dengan internet namun antara VM satu dan lain dapat saling berkomunikasi. 
    Mode Jaringan NAT Network
  • Not Attached : Dalam mode ini, sistem operasi pada guest VirtualBox akan terpasang sebuah kartu jaringan namun tidak terhubung koneksi. Jika diibaratkan seperti kabel lan yang tidak dihubungkan atau dicabut dari port ethernet. 

Mode Network Adapter yang lain :
  • Generic Driver : Mode cenderung ini jarang digunakan. Mode ini digunakan untuk membagi interface jaringan generic. Pengguna dapat memilih driver yang sesuai untuk didistribusikan dalam paket ekstensi atau disertakan dengan VirtualBox.  
  • Cloud Network ( EXPERIMENTAL ) : Dalam tahap percobaan. Mode ini dapat digunakan untuk menghubungkan VM lokal ke subnet pada layanan cloud jarak jauh.

Kesimpulan

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis mode network adapter di virtualbox, sekarang kalian dapat menggunakan mode-mode tersebut sesuai dengan kebutuhan. Semoga bisa bermanfaat, jika ada yang perlu dipertanyakan silahkan isi di kolom komentar.