Ekstensi Google Chrome Yang Cocok Untuk Blogger dan Penulis Konten

Ekstensi Google Chrome Yang Cocok Untuk Blogger dan Penulis Konten

Ekstensi Google Chrome Untuk Blogger dan Penulis Konten
Google chrome adalah salah satu browser yang populer di dunia. Tercatat jutaan orang sudah menggunakan browser ini setiap harinya untuk browsing. Salah satu alasan kenapa banyak orang menggunakan google chrome adalah tersedia banyaknya ekstensi yang sangat membantu.

Ekstensi Chrome adalah sebuah program yang dibuat untuk meningkatkan fungsionalitas tambahan pada browser Google Chrome. Dengan ekstensi tersebut, pengguna dapat memodifikasi dan menyesuaikan pengalaman penjelajahan sesuai kebutuhan.

Berikut kali ini akan dibahas daftar ekstensi google chrome yang cocok untuk kalian yang merupakan penulis konten atau blogger.

UberSuggest

Salah satu aspek terpenting dari blogging adalah mengoptimasi konten agar muncul di peringkat teratas search engine. Akan memerlukan waktu yang lama jika menggunakan cara manual. Solusinya, kalian bisa menggunakan software yang bernama UberSuggest.

UberSugest adalah aplikasi yang dikembangkan Neil Patel seorang pengusaha dan digital marketing professional yang digunakan untuk melakukan riset SEO dan kata kunci. Selain bisa melalui website resmi, UberSuggest juga hadir dalam bentuk ekstensi chrome dengan tampilan antarmuka yang menarik.

Nantinya ketika digunakan, ekstensi chrome ini akan menampilkan berbagai detail metrik SEO pada setiap website yang kalian kunjungi. 

Ekstensi UberSuggest

Diantaranya : 

  • Tab Domain Overview akan menampilkan data domain authority, jumlah kata kunci organik, trafik organik bulanan, dan jumlah backlink yang mengarah ke website.
  • Tab Keyword by Traffic menampilkan urutan kata kunci yang disusun berdasarkan jumlah traffic di website.
  • Tab Backlink menampilkan detail informasi backlink. Diantaranya seperti jumlah backlink, backlink baru, backlink hilang atau dihapus, dan sebagainya.
  • Tab SEO Analyzer akan mengcrawl halaman website dan menampilkan score SEO. Selain itu tab ini juga menampilkan skor kecepatan situs, interaktivitas, dan permasalahan SEO pada website.

Ekstensi UberSuggest

Selain itu, jika kalian sedang mencari kata kunci tertentu di Google, maka ekstensi UberSuggest ini juga akan menampilkan data-data seperti domain authority, perkiraan kunjungan perbulan, kata kunci terkait dan CPC ( Cost-per-click) kata kunci tersebut.

Save to Pocket

Save to Pocket adalah pilihan yang cocok untuk kalian yang ingin menyimpan suatu konten untuk dibaca di lain waktu. Dengan ekstensi ini, kalian dapat melakukan bookmark atau menyimpan sesuatu yang ditemukan di internet dan membukanya kembali nanti. Kalian dapat menyimpan konten seperti artikel, halaman website, video Youtube, gambar, meme, dan lain-lain.

Untuk menggunakannya cukup mudah, kalian cukup melakukan klik icon ekstensinya untuk menyimpan secara otomatis atau klik kanan pada konten yang ingin disimpan lalu pilih "Save to Pocket". Kalian juga dapat mengkategorikan konten yang akan disimpan. Contoh kalian membuat kategori bernama "Artikel Tekno" yang nanti bisa  diisi tentang kumpulan artikel teknologi.

Ekstensi Save to Pocket

Grammarly

Untuk para blogger atau penulis konten yang menggunakan bahasa inggris, ekstensi ini wajib untuk di instal. Dengan Grammarly memungkinkan kita untuk mengkoreksi tulisan dan memberikan saran tata bahasa yang baik dan benar.

Ekstensi Grammarly

Ekstensi ini terdapat versi pro dan gratis. Untuk yang gratis, kalian masih bisa menggunakan tools penting yang diperlukan untuk membuat artikel yang baik dari sisi tata bahasa. Berikut tools yang bisa kalian nikmati di versi gratis Grammarly.

  • Spelling Checker untuk mengoreksi ejaan yang salah dalam tulisan.
  • Grammar Checker untuk memberitahu jika ada penggunaan tata bahasa yang kurang tepat dalam kalimat.
  • Punctuation Checker untuk memeriksa tanda baca yang kurang atau salah penggunaan.

Grammarly juga dapat digunakan di berbagai platform seperti MS Word, Google Docs, Twitter, Linkedin, Facebook, dan lain-lain. Ringkasnya, Grammarly adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengoreksi dan memeriksa kesalahan tata bahasa pada tulisan secara online.

Focus To-Do

Jika kalian ingin ekstensi yang dapat membantu untuk tetap produktif dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu, maka Focus To-Do adalah jawabannya. Focus To-Do menggunakan teknik pomodoro ( metode manajemen waktu ) untuk membantu kalian mengatur pekerjaan dan mengelola waktu secara efektif.

Teknik ini menggunakan timer untuk membagi waktu kerja menjadi periode waktu yang lebih kecil yaitu sekitar 25 menit, yang disebut sebagai "pomodoro". Setiap pomodoro diikuti istirahat singkat selama 5 menit, dan setelah empat pomodoro dilakukan jeda atau istirahat yang lebih panjang 15-30 menit. 

Gambar Siklus Pomodoro

Bersamaan dengan itu, Focus To-Do juga bisa kalian gunakan untuk menambahkan tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan dengan deadline yang bisa diatur sesuai keinginan. Kalian juga dapat membuat folder dan memberi kode warna dengan kategori untuk memisahkan berbagai jenis tugas-tugas dan project.

Ekstensi Focus To-Do

Dan yang terakhir, ekstensi ini juga dapat menampilkan data jumlah total jam kerja yang dijalani dan menghasilkan laporan harian, mingguan, atau bulanan tentang pola kerja dan produktivitas kalian.

Buffer

Eksteni ini cocok digunakan untuk mengelola dan membagikan konten di sosial media. Buffer memungkinkan kita untuk membuat dan mengatur jadwal posting di sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Pinterest, tanpa perlu memposting manual setiap kali. Ekstensi ini sangat efisien digunakan bagi mereka yang memiliki aktivitas sosial media yang padat.

Ekstensi Buffer

Buffer dapat digunakan untuk berbagai jenis postingan seperti seperti gambar, video, tautan, dan sejenisnya. Dalam satu dashboard, kita dapat membuat dan mengelola posting untuk semua akun media sosial, sehingga kita tidak perlu membuka dan memeriksa setiap platform sosial media secara terpisah.

Selain itu buffer juga terdapat fitur analisis yang menampilkan kinerja postingan di media sosial. Kalian dapat melihat jumlah tayangan, like, share, dan komentar dari setiap postingan setiap sosial media, sehingga karenanya kalian dapat melakukan evaluasi dan meningkatkan strategi di masa mendatang.

Secara keseluruhan, Ekstensi ini sangat berguna bagi para online marketing profesional dan pengguna media sosial yang ingin memaksimalkan potensi mereka di platform media sosial.

WhatFont

Font berperan penting dari sisi tampilan dan desain website. Terkadang kalian pasti pernah kesulitan dalam menentukan font yang tepat untuk blog atau website. Nah, dengan menggunakan ekstensi WhatFont ini kalian dapat mengetahui berbagai jenis font yang digunakan pada berbagai website di internet.

Ekstensi WhatFont

Jika kalian sudah menginstal font ini, kalian cukup arahkan kursor mouse di halaman website. Nantinya, ekstensi ini otomatis menampilkan jenis font yang digunakan pada website tersebut. Ekstensi ini juga menampilkan detail seperti font family, size (ukuran), style (gaya), line height (tinggi garis), dan color (warna font).

Ekstensi ini cukup sederhana tapi cukup penting digunakan untuk seorang pengelola website, blogger, designer, dan lain-lain.

Wappalyzer

Wappalyzer adalah salah satu ekstensi yang digunakan untuk mengecek teknologi yang digunakan dari suatu website di internet. Ekstensi ini memiliki tampilan cukup sederhana yang menampilkan informasi teknologi yang digunakan pada suatu website.

Ekstensi Wappalyzer

Beberapa data yang ditampilkan meliputi Conten Management System (CMS) yang digunakan, Bahasa Pemrograman, Widget, Framework, Web Server, Database dan masih banyak lagi. 

Kesimpulan

Beberapa ekstensi diatas bisa membantu para blogger dan penulis konten untuk  menyelesaikan tugas sehari-hari. Diantaranya seperti untuk riset keyword, design, mengoreksi artikel, produktivitas, dan sebagainya. Sekian artikel tentang beberapa ekstensi google chrome yang cocok digunakan oleh para blogger dan penulis konten, semoga bisa bermanfaat!