6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook

6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook

6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook
Facebook merupakan salah satu media sosial yang populer di dunia. Sejak dibuka tahun 2004, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif bulanan hingga 2,96 milyar di tahun 2023. Walaupun saat ini banyak pengguna beralih ke media sosial baru yaitu TikTok, Facebook masih tetap menjadi media sosial populer dan diminati di Indonesia.

Berikut Mediafima akan membahas 6 Alasan Kenapa masih banyak Netizen Indonesia yang menggunakan Facebook.

1. Mudah dan Sederhana

Salah satu faktor yang menyebabkan Facebook masih digunakan masyarakat indonesia adalah tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Selama bertahun-tahun perusahaan ini rutin melakukan update dan penambahan fitur-fitur terbarunya. Namun walaupun demikian, Facebook masih tetap memastikan dan menjaga user interface mereka agar tetap simpel dan mudah untuk digunakan.

2. Grup dan Komunitas

Di Facebook terdapat banyak Grup dan Komunitas besar. Ini juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang masih pakai Sosial media yang satu ini. Dengan bergabung dengan suatu Grup atau Komunitas tertentu, para pengguna dapat berbagi pengalaman dan informasi dengan minat dan kesukaan yang sama.

6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook

Misalnya jika kalian bergabung dengan Grup Sepak Bola, maka tentunya yang akan di bahas di grup adalah tim sepak bola, club, profil pemain dan sebagainya. Jika kalian gabung grup Editing video, maka pembahasan di dalam grup tersebut pasti tentang aplikasi editing dan cara editing video. Dan masih banyak lagi macam-macam grup dan komunitas yang bisa kalian temukan di media sosial yang satu ini.

3. Marketplace

Pada tahun 2016, Facebook mengenalkan fitur marketplace yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi jual beli. Sistem pembayaran tunai pada fitur ini mengharuskan pertemuan langsung antara penjual dan pembeli atau biasa dikenal dengan sistem COD. 

6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook


Meskipun terdapat risiko penipuan, masih banyak pengguna yang dengan baik memanfaatkan fitur ini untuk berjualan barang berdasarkan lokasi. Fitur ini sangat populer di kalangan pelaku UMKM yang menjual pakaian, makanan ringan dan produk lainnya.

4. Game dan Hiburan

Facebook memiliki banyak games yang bisa dimainkan secara gratis. Selain itu di media sosial ini terkenal akan banyaknya postingan meme, shitpost dan juga postingan lucu lain yang bisa membuat para penggunanya terhibur.

6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook

Pada tahun 2021 Facebook juga meluncurkan Reels. Platform tersebut khusus digunakan pengguna untuk mengupload dan menonton video-video pendek menarik yang sedang booming akhir-akhir ini.

6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook

5. Nostalgia

Banyak juga orang yang menggunakan Facebook dengan alasan bernostalgia. Jauh sebelum populernya Twitter, Instagram, TikTok dan kawan-kawan, Facebook merupakan sosial media yang paling banyak digunakan pada masanya. Mungkin karena banyaknya kenangan menarik yang tersimpan di media sosial yang satu ini membuat orang masih betah untuk menggunakannya.

6. Selalu Update Informasi

Facebook telah menghubungkan orang hampir di seluruh penjuru dunia ke dalam satu platform. Dengan aplikasi ini, konten dan berita dari seluruh dunia dapat diakses dan dinikmati oleh siapa pun. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperluas pemahaman dan informasi tentang peristiwa-peristiwa penting yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Bersamaan dengan itu, Facebook juga selalu berupaya untuk mencegah penyebaran informasi yang salah dan berita palsu (Hoax), dengan tujuan melindungi pengguna dari menjadi korban informasi Hoax tersebut.

Kesimpulan

Itulah artikel tentang 6 Alasan Kenapa Netizen Indonesia Masih Pakai Facebook. Terlepas dari banyaknya media sosial baru yang bermunculan, Facebook masih menjadi platform media sosial dengan pengguna yang paling banyak dan beragam.