4 Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

4 Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

Apakah kalian sudah mengetahui umur dari akun Gmail sendiri? Jika belum kalian tidak boleh menyepelekan hal ini. Mengetahui umur dan tanggal pembuatan akun Gmail sangatlah penting, karena kemungkinan bisa membantu kalian jika suatu saat lupa password dan harus melalui proses recovery atau pemulihan akun.

Lalu bagaimana jika lupa kapan akun gmail dibuat? Kalian jangan khawatir , berikut ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk melihat informasi kapan dan tanggal berapa akun Gmail/Google kalian dibuat.

1. Cari dan Temukan Welcome Mail

Welcome Mail biasanya akan dikirimkan ke inbox ketika kalian pertama kali membuat akun Gmail. Untuk menemukan Welcome Mail tersebut, pilih folder All Mail atau Semua Email. Selanjutnya kalian sesuaikan filter inbox untuk mencari Welcome Mail.

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

Untuk lebih mudahnya, kalian bisa gunakan filter "Dari" untuk mencari pesan berdasarkan pengirim. Welcome Mail biasa dikirim menggunakan alamat " gmail-noreply@google.com " atau " googlecommunityteam-noreply@google.com "

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

2. Periksa POP/IMAP Settings

Sekedar informasi, POP ( Post Office Protocol ) merupakan salah satu protokol standar yang digunakan untuk mengakses email dari server. 

Pada pengaturan POP mungkin dapat dilihat tanggal dari pembuatan akun gmail, dengan catatan jika kalian sudah mengaktifkan POP pada saat pertama kali membuat akun e-mail.

Untuk membuka POP Settings, klik icon roda gigi di pojok kanan atas untuk membuka pengaturan Gmail, pilih lihat semua setelan, lalu pilih tab Penerusan dan POP/IMAP. Nantinya akan tampil Status: POP diaktifkan untuk email yang masuk sejak (tanggal pembuatan akun) 

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

3. Menggunakan API Google Drive

Layanan Google Drive API  digunakan untuk pengelolaan file dan folder dengan mengakses sumber daya dari Google Drive. Kalian bisa menggunakan API ini untuk melakukan kueri ( permintaan informasi ) untuk dapat menampilkan tanggal pembuatan akun Google Drive.  

Informasi tanggal yang diperoleh dari Kueri API Google Drive kemungkinan sama dengan tanggal pembuatan Gmail. Namun, ini bukanlah sebuah kepastian, jadi jangan anggap ini sebagai patokan. Kecuali, kalian langsung menggunakan layanan Google Drive di hari yang sama pada saat pertama membuat akun Gmail. 

Langsung saja silahkan buka Drive API dengan mengklik link ini. Nanti kalian akan dialihkan ke halaman yang memuat bidang yang perlu diisi untuk melakukan kueri. Klik tombol "Execute" dan pilih akun Google yang ingin dicari tanggal pembuatannya. Setelah itu kalian diharuskan login akun Gmail, lalu klik "Allow" untuk mengizinkan Google APIs Explorer agar dapat mengakses akun kalian.

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

Setelah itu nanti akan kembali ke halaman Drive API. Pada bagian kanan bawah jendela akan terisi dengan kueri API. Di dalam tab application/json, cari "createdTime" untuk mencari tanggal pembuatan akun Drive dalam format tahun/bulan/tanggal.

Cara Mengetahui Umur dan Tanggal Pembuatan Akun Gmail

Untuk menghapus akses Google APIs Explorer dari akun setelah selesai, Login akun Google dan buka Keamanan > Kelola akses pihak ketiga > Google APIs Explorer > Hapus akses > OK.

4. Menggunakan Google Takeout

Google Takeout adalah layanan yang bisa kalian gunakan untuk mengekspor data Google ke dalam berbagai format. Saat layanan Google+ masih ada, Kalian dapat mengekspor data tersebut untuk mengetahui kapan akun Gmail Anda dibuat. Tapi untuk sekarang hal itu tidak lagi bisa dilakukan.

Meskipun demikian, Google Takeut masih bisa kalian gunakan jika kalian tidak terlalu membutuhkan tanggal pembuatan akun yang tepat walaupun akan memerlukan beberapa pencarian secara manual.

Kalian bisa mengekspor semua data Google, mulai dari layanan seperti Drive, Chrome, dan YouTube, dan kemudian mencari jejak aktivitas yang paling awal. Sekali lagi, cara ini tidak akan memberikan tanggal pembuatan akun yang tepat, tetapi mungkin bisa membantu kalian untuk memberikan perkiraan.

Kesimpulan

Beberapa cara di atas bisa kalian gunakan untuk melihat tanggal pembuatan dari akun Gmail. Mungkin dari berbagai metode di atas, cara pertamalah ( mencari Welcome Mail ) yang paling pasti. Dikarenakan email selamat datang atau Welcome Mail tentunya akan dikirim langsung sesaat setelah pembuatan akun. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan juga untuk menggunakan 3 cara lainnya untuk mengetahui tanggal pembuatan akun.