Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Komputer

Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Komputer

Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Komputer
Virus komputer atau lebih dikenal malware  masih menjadi ancaman yang berbahaya bagi pengguna internet. Selain bersifat merusak, kebanyakan dari virus atau malware tersebut bahkan dapat mencuri data sensitif pada sistem komputer. 

Seperti yang sudah terjadi pada tahun 2017, dimana sebuah virus ransomware bernama "WannaCry" menyerang sebagian besar sistem komputer di dunia. Virus tersebut mengenkripsi (mengunci) file korban yang terinfeksi yang mana jika ingin dibuka kembali maka korban diharuskan membayar tebusan dengan Bitcoin.


Bagaimana Cara Mencegah dan Mengatasi Virus Komputer?


1. Install software antivirus

Tentunya jika komputer kalian tidak ingin terkena virus, maka harus instal Antivirus. Bisa juga menggunakan Windows Defender yang terdapat pada sistem operasi Windows. Ini sangat penting karena dengan adanya antivirus ini akan menghapus virus atau program berbahaya yang mengancam perangkat kalian.

2. Selalu update software antivirus

Agar komputer kalian aman dari ancaman malware, maka harus selalu update software antivirus secara berkala agar perlindungannya tetap mutakhir. 

3. Jalankan scan antivirus secara rutin

Hal kecil yang cukup penting, tetapi terkadang kita sering lupa melakukannya. Sesuaikan pengaturan agar antivirus melakukan pemindaian secara berkala (seperti seminggu sekali). 

4. Jaga agar sistem operasi selalu update

Sistem operasi apa yang kalian gunakan? Linux, Windows, atau MacOS. Apapun itu jagalah agar sistem operasi yang kalian gunakan selalu diupdate secara rutin. Update disiapkan pihak developer untuk menutup kebocoran keamanan. Karena itulah dengan update secara rutin akan menjaga sistem kalian tetap aman.

5. Selalu waspada ketika memakai internet

Hindari mengunjungi website yang kurang terpercaya. Jangan membuka lampiran email yang berasal dari pengirim yang tidak kalian kenal. Tetap selalu aktifkan software antivirus atau windows defender agar komputer aman dari file - file berbahaya.

6. Hindari penggunaan wifi public

Hingari menggunakan jaringan wifi gratis dan terbuka (tidak dipassword atau dienkripsi) yang biasanya tersedia di tempat umum seperti kafe dan bandara. Hal tersebut dikarenakan WiFi public memiliki banyak celah dan rentan dalam hal keamanan. Jika memang terpaksa, direkomendasikan untuk memakai VPN untuk mengenkripsi data supaya aman dari peretasan dan serangan virus.

7. Selalu backup file penting

Backup file merupakan salah satu cara yang tepat untuk mencegah dan mengatasi serangan virus komputer. Kalian bisa menyimpan file penting kalian di media hard drive, atau media penyimpanan yang terpercaya. Sehingga, jika suatu saat komputer terkena virus, kalian bisa menggunakan file yang telah di back-up sebelumnya.

Gejala komputer terinfeksi virus

Kita bisa saja sudah melakukan langkah - langkah diatas sebagai tindak pencegahan virus komputer. Namun, terkadang masih ada beberapa yang lolos dari deteksi antivirus. Berikut ciri - ciri yang menunjukan bahwa komputer telah terinfeksi virus.
  1. Kinerja komputer yang tidak biasa ( lambat )
  2. Program yang tidak biasa muncul ketika menyalakan komputer
  3. Sering terjadi crash yang tak terduga
  4. Muncul peringatan dari antivirus atau windows defender.
  5. Sering muncul pop-up yang mengganggu

Kesimpulan

Seperti yang sudah diungkapkan  di film hacker "Who Am I"  bahwa Tidak ada sistem yang aman, dan itu memang nyata, ancaman siber akan selalu ada di dunia internet. Oleh karena itu kita harus selalu waspada agar tidak menjadi korban terhadap segala jenis tindak kejahatan di internet.