Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger (Blogspot)

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger (Blogspot)

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger (Blogspot)
Pada artikel kali ini Mediafima akan berbagi cara untuk membuat blog. Sebelumnya perlu kalian ketahui, blog adalah sebuah website yang berisi konten seperti tulisan artikel, foto, video, dan kumpulan informasi lainnya. Untuk membuat blog sendiri tidak sulit, ada banyak Platform yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat blog dengan mudah yang salah satunya yaitu Blogger.

Blogger sendiri merupakan platform publikasi yang disediakan oleh Google. Kalian bisa membuat blog menggunakan Blogger dengan mudah tanpa banyak ngoding, cukup dengan pemahaman HTML dasar saja. Selain itu Blogger gratis untuk digunakan, cukup pakai akun google kalian untuk menggunakannya.

Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)

Berikut langkah demi langkah untuk membuat blog di blogger.com dengan mudah untuk pemula.
  1. Hal pertama yang harus kalian persiapkan sebelum membuat blog di Blogger ini adalah akun Google. Silahkan bisa buat terlebih dahulu.
  2. Jika akun sudah dibuat, kunjungi Blogger di alamat www.blogger.com
  3. Pilih "Create Your Blog" untuk memulai membuat Blog. 
    Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)
  4. Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke halaman login. Gunakan akun Google masing-masing yang sudah dibuat sebelumnya. 
    Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)
  5. Pilih Create Blog, Tentukan nama judul blog yang akan kalian buat lalu pilih Next
    Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)
  6. Selanjutnya tentukan alamat URL yang akan digunakan untuk blog kalian. Gunakan alamat URL unik yang belum digunkana orang lain. Pilih save.
    Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)
  7. Blog telah berhasil dibuat, kalian akan di alihkan ke halaman Dashboard blog yang kalian  miliki. Disinilah kalian akan mengisi blog dengan artikel, merubah tampilan dan lain-lain. 
    Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)
  8. Untuk mengecek apakah blog yang sudah dibuat, kalian bisa akses dengan mengetikkan URL blog yang sudah dibuat sebelumnya ( Langkah ke 6
    Cara Membuat Blog di Blogger (Blogspot)

Blog sudah selesai dibuat, untuk selanjutnya kalian bisa mengisi blog kalian dengan postingan artikel atau konten lainnya. Lalu jangan lupa untuk mengubah tampilan blog agar lebih menarik dan juga submit ke Google Webmaster Tools agar nanti blog kalian di index oleh google. 

Cara Agar Blog Terlihat Menarik dan Profesional

Bagi yang ingin menekuni dunia blogging, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar blog terlihat professional dan menarik di mata pengunjung.

Merubah Template Blog

Ada banyak template siap pakai yang sudah di sediakan oleh Blogger, hanya saja template tersebut tampilannya simple. Nah, kalian bisa mengedit dan mempercantik template blog kalian agar terlihat menarik untuk pengunjung. Untuk melakukannya kalian harus sedikit paham mengenai HTML, CSS dan Javascript. 

Atau, jika kalian tidak ingin ribet, kalian bisa cari template blogger yang sudah. Ada banyak website yang menyediakan berbagai macam template blogger baik yang gratis maupun yang premium, kalian bisa bebas memilih.

Posting Artikel Bermanfaat dan SEO

Selalu isi blog dengan postingan artikel yang berkualitas dan juga bermanfaat. Dengan demikian, pengunjung akan senang dan betah untuk berkunjung ke blog kalian. Jangan lupa perhatikan tentang SEO ( Search Engine Optimization ) agar artikel terindex di mesin pencari sehingga dapat dijangkau pengunjung.

Gunakan Domain Custom (TLD)

Custom Domain TLD Blogger
Cara selanjutnya agar blog terlihat menarik dan professional adalah dengan mengubah alamat blog kalian dengan domain custom TLD. Contoh kalian memiliki URL blog blogkamu.blogspot.com lalu custom domain ke blogkamu.com

Dengan menggunakan domain TLD blog kalian akan terlihat lebih professional, mudah diingat dan tentunya memiliki nilai lebih di mesin pencari dibanding menggunakan domain gratisan (blogspot.com)

Kesimpulan

Demikian artikel tentang Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger (Blogspot) semoga bisa bermanfaat. Jika ada yang perlu di tanyakan tentang artikel ini atau seputar dunia blogging kalian bisa tulis di kolom komentar atau bisa menghubungi melalui menu contact.