Mengenal Menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya

Mengenal Menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya

Mengenal Menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya
Langkah awal yang harus diperhatikan setelah membuat blog di Blogger adalah mengenal tentang dasar dan fitur-fiturnya. Ini penting untuk dilakukan supaya nanti kedepannya kalian tidak bingung pada saat mengelola blog. Salah satu yang wajib diketahui adalah menu-menu yang ada pada Dashboard Blogger.

Pada Dashboard inilah tempat dimana terdapat menu-menu yang digunakan untuk mengatur semua kegiatan sebuah Blog. Ada beberapa menu yang harus diketahui sebelum kalian memulai ngeblog di Blogger. Berikut akan dibahas tentang menu dan fitur apa saja yang ada yang ada pada Dashboard Blogger beserta Kegunaan dari masing-masing menu tersebut. 

Pertama kalian harus masuk terlebih dahulu ke Dashboard Blogger.

Cara Masuk ke Dashboard Blogger

  1. Kunjungi website Blogger.com, lalu pilih Sign-in.
  2. Silahkan gunakan akun Google atau Gmail yang sebelumnya sudah kalian gunakan untuk membuat blog. 
    Cara Masuk ke Dashboard Blogger
  3. Jika sudah login, kalian akan langsung diarahkan ke tampilan Dasboard. Pada gambar dibawah yang di kotak merah adalah menu-menu yang akan dibahas kegunaanya. 
    Cara Masuk ke Dashboard Blogger

Menu-menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya

Sekarang kalian sudah berada di Dashboard Blogger masing-masing. Selanjutnya, mari bahas satu persatu kegunaan menu-menu tersebut.

1. Menu Posts

Menu-menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya
Menu Post Dashboard Blogger

Menu ini menampilkan semua artikel atau postingan yang ada pada blog baik yang sudah di posting atau yang masih dalam bentuk draft. Melalui menu ini pula kalian dapat melihat statistik berapa kali artikel dilihat, jumlah komentar dan juga nama penulis atau author dari artikel tersebut.

2. Menu Stats

Menu-menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya
Menu Statistik Dashboard Blogger

Menu stats atau statistik ini berfungsi untuk menampilkan detail dari trafik tampilan halaman blog. Di menu inilah kalian bisa mengukur seberapa bagus kualitas blog kalian. Semakin banyak tampilan halaman yang terekam pada menu statistik blogger menandakan blog kalian memiliki kualitas yang baik di mata pengunjung.

Menu-menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya

Indikator yang ditampilkan pada menu statistik juga ada yang berupa bentuk grafik yang isinya tentang statistik tampilan halaman dalam rentan waktu mingguan hingga satu tahun terakhir. Tidak hanya itu saja, di menu ini juga ditampilkan detail statistik tampilan halaman berdasarkan mesin pencari, sistem operasi yang digunakan, hingga lokasi pengunjung.

3. Menu Comments

Menu ini menampilkan semua komentar yang ada di artikel blog. Melalui menu ini, kalian dapat memfilter komentar yang dianggap spam, menghapus komentar, dan membalas komentar dari pengunjung yang membutuhkan jawaban.

4. Menu Earnings

Pada menu earnings ini kalian dapat mulai memonetize blog dan mengapatkan penghasilan dari program bernama Google AdSense. Google AdSense sendiri adalah program kerjasama penayangan iklan yang diselenggarakan oleh Google. Nantinya kalian akan mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditayangkan pada blog.

Terlepas dari itu, jika ingin menautkan blog dengan AdSense, pastikan blog sudah memenuhi syarat untuk mendaftar agar bisa diterima.

5. Menu Pages

Menu-menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya

Menu ini digunakan untuk membuat sebuah halaman statis. Contohnya adalah halaman About, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, Terms of Services dan lain sebagainya.

6. Menu Layout

Menu-menu pada Dashboard Blogger dan Kegunaannya
Menu Layout pada Dashboard Blogger

Menu layout atau tata letak pada dashboard blogger digunakan untuk mengatur tata letak widget dan komponen-komponen pada tampilan blog. Untuk menggunakannya sangat mudah, kalian hanya perlu drag and drop komponen yang perlu kalian pindahkan letaknya. Kalian juga dapat menambahkan komponen widget baru sesuai dengan kebutuhan.

7. Menu Theme

Menu tema ini digunakan untuk kalian yang akan merubah tema atau template blog. Ada beberapa tema default dan juga gratis yang sudah disediakan oleh Blogger. 

Atau kalian juga bisa menggunakan template buatan orang lain (pihak ketiga) baik yang gratis maupun premium. Kalian juga dapat mengedit dan merubah tampilan dari tema blog di menu ini dengan syarat sudah paham dasar bahasa pemrograman.

8. Menu Settings

Menu settings atau pengaturan digunakan untuk mengatur hal-hal penting yang ada pada Blogger. Diantaranya seperti merubah judul atau title blog, mengatur deskripsi, akses penulis dan admin, dan bahasa blog.

Pada menu ini juga kalian dapat melakukan pengaturan lain seperti custom domain, mengatur jumlah postingan yang ditampilkan pada halaman utama ( Home ), meta tags dan lain sebagainya.

Untuk menghapus blog juga dilakukan melalui menu settings ini. Hanya saja itu dapat dilakukan oleh akun yang bertindak sebagai Administrator. 

 

Kesimpulan

Selain menu-menu diatas ada juga menu Reading List yang menampilkan postingan terbaru dari blog favorit yang kalian follow atau ikuti. Lalu ada menu View Blog untuk melihat tampilan dari blog secara langsung.

Demikian pembahasan tentang menu-menu yang ada pada dashboard Blogger dan kegunaannya. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa lebih memahami kegunaan menu-menu pada dashboard Blogger. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan isi di kolom komentar dan jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini bermanfaat.